R U K U N I S L A M

Setelah mandi sore Afi, Afa, Ifa, Farhan, Farah dan Fifi asyik bermain ditaman bunga dihalaman rumah kak Rose. Ifa dan Afi sedang bermain ayunan yang dikaitkan ke batang pohon rambutan yang juga tumbuh dihalaman rumah kak Rose. Mereka berayunan sambil membaca shalawat...Thola'al badru 'alayna. Min-tsaniyyatil wada'. Wajabasy syukru 'alayna. Ma da'a lillahi da'. Ayyuhal mab'u-tsu fiina. Ji'ta bil amril mutho'. Anta ghow-tsuna jami'a. Ya mujammalath thiba'. Kun syafi'an ya habibi. Yawma hasyri wajtima'. Wa sholatullahi dawama. ........

"Assalammu'alaikum anak-anak !" sapa kak Rose dalam balutan gamis biru gelap dan kerudung biru terangnya. Anak-anak menjawab salam kak Rose. " Wa'alaikum salam kak Rose"."Ini kak Rose buat kue untuk kalian. Ayo sini semuanya kumpul duduk diatas tikar. Kak Rose mau tanya ada yang tahu apa itu Rukun Islam?". Afi menunjuk tangan," Afi tahu kak Ros. Rukun Islam itu ada 5". "Pintar karena Afi tahu jumlah rukun Islam. Afi mendapat kesempatan pertama mencicipi kue kak Rose. Tapi kalian cuci tangan dulu ya !". "Alhamdulilllah terimakasih kak Rose". "Apa seh rukun Islam itu Fi?" tanya Ifa yang masih duduk diayunan, karena penasaran ia turun dari ayunan dan duduk bersama dengan kak Rose. "Ada yang tahu apa itu rukun Islam adik-adikku?" tanya kak Rose lagi pada anak-anak. Farhan yang sedari tadi tidak mau diam menggoda Farah menjawab, "Farhan tahu kak Rose". "Hayoo, kalau kamu tahu kesini jangan kejar-kejaran seperti itu. Istirahat dulu Farah," sambil ngos-ngosan Farhan yang bertumbuh tambun duduk dan meminta segelas air.." Apa dong kak Farhan cepetan kita nungguin neh. Apa rukun Islam itu?" rengek Afa " E...baca bismillah dulu Farhan kalau mau minum" pinta kak Rose sambil memberikan tisue untuk melap keringat Farhan.

Setelah membaca basmallah dan hamdallah Farhan berkata "Rukun Islam adalah dasar-dasar yang harus dilakukan orang Islam". " Ayo rukun islam yang pertama apa?" tanya kak Rose. "Oh kalau rukun Islam yang lima butir itu Fifi tahu" celetuk Fifi " Apa Fi?" tanya Farah "Satu membaca Shadat". " Ashaduallah illa ha illallah, waasyhaduaanna muhammadarrasulullullah" serentak anak-anak mengucap dua kalimat sahadat dan mengartikannya, "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah". " Pinter...rukun Islam yang kedua?" tanya kak Rose lagi. "Shalat lima waktu" jawab Afa. " Apa saja shalat lima waktu itu?". "ISLAM kak. Singkatan dari Isya, Subuh, Lohor, Ashar dan Magrib" jawab Farah " Rukun Islam yang ketiga?" " Membayar Zakat" kata Fifi yang tidak mau kalah dengan keempat teman lainnya."Rukun Islam yang ke empat?" tanya kak Rose "Puasa" jawab mereka serentak " Rukun Islam yang kelima?" " Pergi haji ke rumah Allah" lagi mereka menjawab dengan serentak. " Pintarrrr kalian adik-adik yang pintar " puji kak Rose....Kumandang adzan magrib dari menara surau seberang rumah kak Rose membubarkan anak-anak untuk bergegas shalat magrib berjamaah.
HTML Guestbook is loading comments...

Cerita untuk Anak

Archive